10 Cara Murah Meriah untuk Hemat Energi

Beralih ke lampu neon atau mematikan semua lampu dan peralatan elektronik saat tidak diperlukan adalah langkah hemat energi sederhana yang berdampak besar. Tetapi jika Anda sedang putar otak untuk cari cara lain demi menghemat lebih banyak pengeluaran rumah tangga bulanan Anda, berikut 10 Cara Murah Meriah untuk Hemat Energi yang dikutip dari hellosehat.com

Berbagai cara murah meriah untuk hemat energi

1. Jauhkan TV atau perangkat elektronik besar lainnya dari AC atau ventilasi udara

Menempatkan lampu pajangan atau TV dekat AC dapat menyebabkan mesin AC bekerja lebih keras dari kapasitas normalnya karena termostat mendeteksi panas yang dilepaskan oleh perangkat elektronik yang berada dekat jangkauannya. Jangan juga pasang unit AC di atas pintu atau dekat jendela karena posisi ini rentan untuk memungkinkan udara dalam ruangan berpindah ke ruangan lain.

Pertimbangkan arah dan posisi sirkulasi udara ketika Anda menata furnitur rumah. Tempatkan sofa, tempat tidur, lemari jangan sampai menutupi jendela atau bilik ventilasi sehingga tidak mencegah kelancaran keluar-masuknya udara. Furnitur-furnitur besar ini juga dapat menyerap udara dari AC atau pemanas ruangan, sehingga dapat mengurangi efektivitasnya. Sekalipun Anda memiliki keterbatasan ruang, pindahkan mebel tak sampai berjarak 30 cm dari dinding dapat membuat perbedaan besar.

2. Nyalakan AC jangan terlalu dingin

Nyalakan AC di temperatur menyerupai suhu udara luar ruangan. Pengaturan suhu AC terbaik dalam ruangan adalah sekitar 25-26ºC, atau 3-5 derajat celcius lebih rendah dari suhu di luar ruangan. Di suhu ini, AC tidak akan mengonsumsi terlalu banyak listrik. Semakin kecil perbedaan jarak suhu antara suhu AC dan luar ruangan, akan semakin hemat energi. Setiap kenaikan suhu satu derajat celcius dapat menghemat biaya listrik rumah tangga 3-10 persen.

Hidupkan AC kira-kira 15 menit sebelum Anda tidur, dan atur timer untuk mematikan AC pada 1-2 jam sebelum alarm pagi Anda berbunyi. Saat AC mati, biasanya ruangan akan tetap terasa sejuk hingga beberapa waktu.

3. Matikan pemanas air

Pemanas air bertanggung jawab hingga 14-25 persen pengeluaran listrik bulanan Anda. Turunkan pengaturan temperatur air ke hangat saja (±40-45ºC) untuk hemat energi. Selain itu, banyak dari kita yang sengaja meninggalkan pemanas air tetap menyala untuk persediaan di kemudian hari. Meskipun cara ini tampak bermanfaat, sebenarnya menyalakan pemanas air terus-menerus membuat tagihan listrik Anda makin melonjak.

4. Cuci baju pakai air dingin

Anda mungkin mengira bahwa sebagian besar listrik yang terbuang dari pemakaian mesin cuci adalah untuk menggerakkan tabung dalamnya untuk menggiling pakaian. Nyatanya, 90 persen dari energi yang dipakai adalah untuk memanaskan air cucian. Hemat cukup banyak energi dengan mengatur mesin cuci di opsi cuci dan bilas dengan air dingin. Air hangat membantu busa untuk mengikis kotoran lebih cepat, tapi deterjen air dingin juga bekerja sama efektifnya.

Dan, daripada menggunakan mesin pengering, jemur pakaian manual di bawah sinar matahari saja.

5. Hemat energi di dapur

Selalu gunakan microwave setiap kali Anda memasak, bila memungkinkan — selain membutuhkan lebih sedikit energi listrik, Anda juga dapat menghindari menyesakkan ruangan dengan kelebihan udara panas yang dilepaskan dari oven. Jika oven benar-benar dibutuhkan, masak beberapa makanan dalam satu waktu (dalam rak oven yang berbeda, tentunya).

Bila Anda menggunakan kompor, sesuaikan ukuran panci atau wajan dengan diameter sumbu pembakar pada kompor. Hindari menggunakan panci kecil di sumbu kompor besar. Rebus air hanya sebanyak yang Anda butuhkan, dan ingat untuk menggunakan penutup panci sehingga air mendidih lebih cepat.

6. Mandi koboi bantu Anda hemat energi

Masih ingat, kan, bagaimana sewaktu kecil — atau saat telat pergi ke kantor — kita selalu memangkas waktu mandi? Sabun sedikit sana-sini, beres. Sebenarnya, mandi super cepat ini bisa Anda siasati untuk menghemat energi sekaligus tetap bersih dan wangi.

Begini caranya: bilas tubuh di bawah shower selama semenit, lalu matikan. Tuang shampoo, gosok dan pijat kepala, bilas semenit. Matikan. Sabuni tubuh Anda dengan baik (bisa digabung dengan cuci muka), lalu bilas selama satu menit. Matikan. Nyalakan keran untuk berkumur, matikan. Lanjutkan dengan menggosok gigi, bilas dan matikan air.

7. Beres-beres isi kulkas

Sembarangan mengisi kulkas dengan ini-itu ternyata bisa mengempiskan isi dompet Anda. Setiap kali Anda membuka-tutup kulkas akan ada udara luar yang ikut masuk ke dalam kulkas, menggantikan udara dinginnya. Kulkas Anda sekarang butuh menggunakan lebih banyak energi untuk mempertahankan suhu di dalam kulkas. Jadi, semakin lowong isi kulkas Anda, akan ada lebih banyak udara hangat dari luar yang menetap, dan lebih banyak pula listrik yang terkuras untuk mendinginkan isi kulkas.

Bukannya Anda harus mengisi kulkas hingga penuh sesak. Namun, umumnya, kulkas yang penuh dan tertata rapi adalah hal yang baik. Tetap sisakan sedikit ruang untuk “bernapas” di antara bahan makanan simpanan Anda agar udara bisa beredar lebih efisien. Sebaliknya, freezer harus benar-benar padat, karena setiap makanan yang berdekatan akan saling membantu mempercepat proses pembekuan.

Juga ingat untuk menghindari memasukkan makanan atau minuman panas langsung ke dalam kulkas. Kebiasaan ini bisa mengubah suhu ekosistem lemari es. Diamkan makanan dan minuman panas sementara untuk mendingin, baru masukkan ke dalam kulkas. Hal ini akan mencegah lemari es boros listrik untuk mempertahankan suhu dingin.

8. Gunakan gorden tebal

Di hari-hari panas, buka gorden dan jendela lebar-lebar untuk melancarkan sirkulasi udara ruangan. Tapi, di saat cuaca dingin dan seanjang malam, tutup rapat setiap jendela, pintu, dan gorden untuk menjaga udara dalam ruangan tetap hangat.

Bila memungkinkan, jaga pintu di area rumah yang sedang tidak Anda gunakan tetap tertutup rapat dan hanya panas atau dinginkan suhu ruangan di ruangan yang sedang Anda gunakan untuk beraktivitas.

9. Masukkan batu bata di tangki WC duduk

Mungkin Anda pernah mendengar saran ini dari bisik tetangga atau dari ayah-ibu Anda. Siapa menyangka bahwa trik sederhana ini cukup ampuh untuk menekan jumlah rupiah yang harus Anda keluarkan per bulannya?

Prinsipnya, dengan meletakkan batu-bata (atau benda besar dan berat lainnya, misal botol beling) ke dalam tangki air toilet duduk Anda, artinya tangki tersebut akan menampung lebih sedikit air. Dengan demikian, lebih sedikit pula air yang terbuang setiap kali Anda menekan tuas flush. Jika Anda memilih opsi batu bata, pastikan untuk membungkusnya rapat di dalam plastik terlebih dulu untuk mencegah batu cepat terkikis air.

10. Berkebun

Tidak perlu hingga membangun sebuah rumah kaca untuk mengademkan rumah Anda. Cukup tanam tanaman rambat yang mendaki dinding luar rumah Anda dan beberapa pohon rindang di pekarangan untuk bertindak sebagai peneduh dari sinar matahari. Tanaman-tanaman ini ampuh mengurangi suhu dalam rumah Anda hingga beberapa derajat celcius.

Taman rumah yang cantik tertata bukan cuma akan meninggikan nilai aestetik rumah Anda, tetapi juga menjadi bagian penting untuk menciptakan iklim mikro sendiri yang dapat membantu Anda semakin hemat energi pendinginan atau pemanasan.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*