Seminar UMKM dan Penciptaan Program Wirausaha Sarjana Indonesia ke Jepang | Lokasi UMY Yogyakarta | Tgl 2- 3 Nov 2018 | WA. 0813 9108 9000

Seminar UMKM dan Penciptaan Program Wirausaha

A. Hal-hal yang perlu diketahui peserta sebelum gabung di seminar dan presentasi ini

1. Seminar ini bukan semata even sajian informasi, tapi lebih menekankan pad program aksi. Untuk itu kepada peserta seminar diharapkan menjadi bagian integral tim kami dalam mensosialisasikan peluang ini di lingkungan masing – masing wilayah Kabupaten / Kota di Jawa Tengah dan DIY.

2. Seminar dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti berbagai peluang besar dari Jepang khusus untuk bidang pengembangan UMKM dan Penciptaan Program Wirausaha Sarjana Indonesia ke Jepang dengan durasi kontrak 5 ( lima ) tahun.

3. Peserta seminar even perdana ini adalah personal pertama dan utama kami dalam membuka kantor cabang perwakilan kami di setiap Kabupaten / Kota yang ada di Jawa Tengah. Sungguh merupakan kebanggaan bagi kami apabila di setiap kabupaten / kota yang ada di Jawa Tengah bisa ekspor minimal satu produk unggulan ke Jepang. Kita memiliki jaringan di semua propinsi yang ada di Jepang. Bukan hanya jaringan pasar / buyer, tapi sekaligus teknologi, sumber daya manusia, dan pendanaan bisnis UMKM.

4. Untuk selanjutnya pengelolaan rekruitmen Sarjana dan Ex magang Jepang yang mau berkarir di Jepang kami serahkan sepenuhnya teman-teman pengelola di setiap Kabupaten / Kota. Demikian juga untuk proses Quality Control Product Ekspor dari Kabupaten / Kota, sepenuhnya dikelola oleh putra daerah. Misi kami adalah menciptakan lapangan kerja baru B to B sektor lintas antar negara, agar generasi muda kita menjadi insan berwawasan global, berkualitas dan berintegritas.

5. Tim kami, Konsorsium Indonesia Japan Solution/ Rinri Hojingkai – Komunitas Wirauasaha Indonesia Merapi Putera Nusantara – Carer Development Center Universitas Muhammadiyah Yogyakarta siap mengantarkan UMKM dan generasi muda Indonesia bertarung fight seru di kancah internasional……..

JANGAN RAGU, MASA DEPAN KITA DITENTUKAN KEPUTUSAN KITA HARI INI. KESEMPATAN EMAS KADANG DATANG TIDAK TERDUGA….!!!

B. Fasilitas peserta seminar dan presentasi bisnis :

1. Hari Jumat, 2 Nopember 2018 : Welcome Drink 1X, makan siang 1 X, Coffee Break 2X ( sore & malam ), makan malam 1 X

2. Hari Sabtu, 3 Nopember 2018 : Makan pagi 1 X, makan siang 1 X, Coffee Break 2X ( pagi & sore )

3. Hand out / materi seminar lengkap dengan ATK dan tanda peserta

Fasilitas khusus / tambahan dalam rangka Introduction Rinri Hojingkai di Indonesia

1. Sertifikat Seminar dan Kartu Anggota Komunitas Wirausaha Indonesia ( Komando ) cikal bakal pengelola representasi / perwakilan Indonesia untuk Asosiasi Pengusaha Jepang Rinri Hojingkai yang beranggotakan 60.000 lebih perusahaan di Jepang.

2. Discount khusus 15% bagi yang mengikuti paket program ekspose UMKM Indonesia di Jepang dan Cross Culture Communication Indonesia – Jepang selama 10 hari, dalam rangka Business Matching dengan buyer, partner dan investor UMKM di Jepang khusus pelaksanaan pada bulan Nopember dan Desember tahun 2018.

3. Mengirim sampel produk layak ekspor untuk dipajang di display UMKM Komando – IJS di Jepang

4. Apabila produk telah lolos seleksi dan mendapat order ( PO ), bebas biaya 6 bulan untuk pendampingan teknis, asistensi manajemen dan quality control ( QC ).

C. Materi Seminar

1. Kisah nyata perjalanan hidup seorang Mahmudi Fukumoto, pemuda desa asal Jawa Timur sukses membangun bisnis di negeri Sakura. Dilanjutkan dengan ramah tamah, dialog, diskusi, tanya jawab dalam suasana akrab kekeluargaan. Dalam suasana budaya akrab, semangat dan penuh dengan kegembiraan ala IJS-Komando-Rinri Hojingkai-CDC UMY

2. Rencana kegiatan studi banding dan wisata negeri Sakura untuk program pemerintah / non pemerintah, wisata bisnis UMKM, dan lokasi lain yang relevan dengan visi misi pemberdayaan dan penguatan UMKM.

3. Kategori investor / buyer / partner bisnis UMKM di Jepang. Persiapan, prosedur, mekanisme dan kerjasama bisnis UMKM Indonesia dengan calon investor, buyer dan partner Jepang

4. Tahapan dan prosedur pengiriman Sarjana kerja ke Jepang untuk jurusan : Teknik Sipil, Pertanian, Perkapalan, Perhotelan gelombang I tanggal 19 April 2019. Menyusul ada tambahan jurusan Teknologi Informasi dan Keperawatan / Kesehatan.

5. Mekanisme kerja organisasi Rinri Hojingkai perwakilan Indonesia, persyaratan calon pengurus dan pengelola Rinri Hojingkai untuk tingkat Propinsi dan Kabupaten Kota se Jawa Tengah dan DIY.

DOWNLOAD BROSUR INFORMASI LENGKAP DI SINI

D. Kriteria Peserta Seminar dan Presentasi Bisnis :

Peserta seminar dibagi menjadi beberapa kategori yaitu

1. Kategori Personal / Individu Calon Pekerja Profesi

• Mahasiswa / Calon Sarjana / Sarjana Teknik Sipil, Pertanian, Perkapalan, Perhotelan
• Perorangan Ex Magang Jepang / pernah mengikuti program magang ke Jepang

2. Kategori Personal / Individu Pemilik Bisnis UMKM

• Pengusaha perorangan / perusahaan / bisnis formal – non formal kategori Mikro dan Kecil dengan omset penjualan maksimal 5 M per tahun untuk semua jenis kategori usaha : agrobisnis, peternakan, perikanan, kelautan, kuliner, kerajinan, industry kayu dan logam, indistri komponen & spare parts mesin & otomotif, konveksi, makanan /minuman tradisional / herbal, industri kratif, perusahaan start up, dll

3. Kategori Lembaga / Organisasi Mahasiswa

• Pengurus organisasi kemahasiswaan dan Himpunan mahasiswa Teknik Sipil, Pertanian ( semua jurusan ), Perkapalan, Perhotelan ( semua jurusan ).

4. Kategori Lembaga / Organisasi Kewirausahaan Sosial, Bisnis dan UMKM

• Pengurus Koperasi Serba Usaha ( KSU ), Koperasi Simpan Pinjam ( KSP ), Koperasi BMT, Lembaga Swadaya Masyarakat / Lembaga Pengembangan Swadaya Masyarakat ( LSM / LPSM ) bidang UMKM, Badan Keswadayaan Masyarakat ( BKM ), Koperasi Karyawan ( Kopkar ), Pusat Kegiatan Belajar Mengajar Masyarakat ( PKBM )
• Pengurus KADIN, APINDO, HIPMI, HIPPI, Gapensi, Inkindo, Perbarindo, dll
• Pengurus yayasan / lembaga / organisasi / asosiasi / perhimpunan / perkumpulan yang memiliki visi misi penciptaan lapangan kerja, pengurangan pengangguran, peningkatan kualitas produksi lokal berorientasi ekspor, dan penguatan permodalan usaha UMKM

5. Kategori Lembaga Layanan Keuangan Mikro ( Micro Fianance ) bank ( LKB ) dan non bank ( LKNB )

• Pemilik, Pengurus dan Pengelola BPR, KSP, Kospin, dll

6. Kategori Lembaga Layanan Pemberdayaan Umat melalui program zakat, infak, shodaqoh, dll.

• Pengurus dan Pengelola Baznas, Lazismu, Lazisnu, RZ, DD, ACT, dll

7. Kategori lembaga / perusahaan yang bergerak dalam bidang financial technology ( teknologi finansial ), dana publik online ( online crowdfund ), start up bisnis, dll.

• Pemilik, Pengurus dan Pengelola online fundraising, online crownfunding, fintech

8. Kategori Lembaga Eksekutif dan Legislatif baik Pusat maupun Daerah, yang terkait dengan misi penciptaan lapangan kerja, pengurangan pengangguran dan pemberdayaan masyarakat

• Pejabat eksekutif pemerintah pusat / daerah dan anggota legisltaif pusat / daerah yang memiliki peran strategis dalam proses pengambilan keputusan terhadap kegiatan dan program pemberdayaan UMKM, penciptaan lapangan kerja & pengurangan pengangguran

DOWNLOAD BROSUR INFORMASI LENGKAP DI SINI